12

Dr. Oz Mencoba Melakukan Penelitian Ilmiah: Eksperimen Biji green coffe

Anda mungkin pernah mendengar debat kesehatan yang panjang mengenai minum kopi. Para peneliti bolak balik mengomentari apakah penyeduhan populer bermanfaat bagi Anda. Selain itu ada pula kontroversi tentang pemakaian biji green coffee. Biji ini menjadi terkenal sebagai suplemen penurun berat badan setelah dipaparkan pada “Acara Dr. Oz.” Ekstrak biji green coffee diperoleh dari biji kopi yang belum dipanggang. Biji kopi mengandung senyawa yang dikenal sebagai asam klorogenat. Beberapa orang meyakini bahwa senyawa ini memiliki efek antioksidan yang mampu membantu menurunkan tekanan darah, dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Memanggang kopi dapat mengurangi kandungan asam klorogenat. Inilah sebabnya mengapa minum kopi biasa tidak berdampak pada penurunan berat badan dengan jumlah yang sama dengan minum dari biji kopi yang belum dipanggang. Ekstrak tersebut dijual sebagai pil dan dapat ditemukan online atau di toko makanan sehat. Dosis umum berkisar antara 60 hingga 185 miligram per hari. Apakah benar ekstrak kopi hijau dapat menurunkan berat badan? Memang belum banyak penelitian yang dilakukan terhadap asam klorogenik dan keefektifannya sebagai suplemen penurun berat badan. Sebuah tinjauan pada penelitian manusia telah menunjukkan bahwa ekstrak kopi hijau berpotensi dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi efek yang didokumentasikan sangatlah kecil, dan penelitian tersebut tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya, penelitian tersebut juga dirancang dengan buruk. Jadi, tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa suplemen tersebut efektif ataupun aman. Penelitian lebih lanjut tampaknya memang masih dibutuhkan.

Mari kita telaah penelitian itu, mau? Pertama, penelitian ini hanya melibatkan 16 orang saja, jumlah sampel yang sangat sedikit. Perawatan dibagi menjadi 3 bagian: GCA dosis tinggi, GCA dosis rendah, dan placebo. Relawan juga dibagi menjadi 3 kelompok yang lebih kecil, tetapi tidak berbasis perawatan: sebaliknya, masing-masing kelompok mendapatkan 3 perawatan, selama 6 minggu setiap kalinya, dengan waktu istirahat 2 minggu setiap perawatan. Satu-satunya perbedaan antara kelompok tersebut adalah urutan perawatannya (dosis tinggi/dosis rendah/plasebo). Relawan dalam ketiga kelompok tersebut berhasil menurunkan berat badan dalam jumlah yang sama. Jadi apakah perbedaannya? Yah, penulis mengklaim bahwa jumlah penurunan berat badan yang terjadi selama periode relawan mengonsumsi GCA lebih banyak dibandingkan pada waktu mereka tidak mengonsumsi GCA, meskipun mereka juga berhasil menurunkan berat badan bahkan selama perawatan plasebo. Salah satu kritik dalam penelitian itu adalah tidak adanya kontrol plasebo yang tepat. Bila melihat makalahnya, memang tidak mungkin untuk mengetahui berapa jumlah penurunan berat badan yang dapat dikaitkan dengan biji green coffee bila dibandingkan dengan pantauan diet harian, yang diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Dan ini benar-benar sebuah penelitian dengan lingkup yang sangat kecil.

Pada tahun 2006, sebuah penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary and Alternative Medicine meneliti mengenai penghambatan akumulasi lemak dan penambahan berat badan pada tikus yang diberikan ekstrak biji kopi hijau. Para peneliti mencermati bahwa kandungan lemak viseral dan bobot tikus tersebut telah berkurang. Kemudian disimpulkan bahwa ekstrak biji kopi hijau efektif melawan kenaikan berat badan dan akumulasi lemak dengan mengganggu penyerapan lemak dan merangsang metabolisme lemak di hati.

12

Tekanan darah tinggi dapat berakibat pada beberapa penyakit mematikan seperti kelumpuhan, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dsb. Namun para peneliti telah menemukan bahwa kandungan mirip-aspirin yang sangat aktif dan kuat yang dimiliki biji kopi hijau mampu memberikan dampak positif dalam pembuluh darah kita dengan cara mencegah penggumpalan trombosit. Sehingga arteri kita tidak mengeras dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita meningkat dengan drastis. Ekstrak biji kopi hijau merupakan detoks alami. Biji ajaib ini dapat membersihkan hati kita sehingga terbebas dari racun, kolesterol jahat, lemak yang tidak diperlukan, dan sebagainya. Bila hati telah terdetoksifikasi, maka fungsinya menjadi jauh lebih baik dan pada akhirnya mampu meningkatkan metabolisme dan kesehatan kita secara keseluruhan. Dengan kandungan jumlah kafein yang tinggi, biji kopi hijau dapat dimanfaatkan sebagai penguat energi yang sangat baik. Green coffee ini dapat meningkatkan level energi kita dan menjaganya tetap aktif sepanjang hari.

Mungkin saja penelitian ilmiah Dr. Oz jauh lebih memadai daripada penelitian Vinson. Tetapi ini tidak berarti penelitian itu bagus. Pertama, Oz tampaknya telah mengabaikan beberapa aturan penting mengenai cara melakukan eksperimen pada manusia. Seperti yang dikemukakan oleh Scott Gavura di blog Science-Based Medicine, penelitian Oz “menjadikan metodologi penelitian yang baik sebagai bahan ejekan.” Oz gagal untuk menjelaskan bagaimana para wanita direkrut untuk eksperimen tersebut, dan Gavura menunjukkan bahwa tampaknya tidak ada persetujuan dewan etik seperti yang layaknya dibutuhkan dalam semua eksperimen yang melibatkan manusia. Oz juga tampaknya sengaja tidak menghiraukan anggapan bahwa 2 minggu merupakan waktu yang amat singkat untuk menilai keberhasilan suatu perawatan penurunan berat badan. Akankah beliau meninjau kembali wanita-wanita tersebut beberapa bulan kemudian untuk melihat apakah efek itu dapat bertahan? Entahlah, saya pun meragukannya.

Bila berkaitan dengan penurunan berat badan, diet dan olahraga yang tepat memang sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Namun demikian, riset menunjukkan bahwa dengan menambahkan suplemen seperti ekstrak biji kopi hijau terbukti dapat meningkatkan potensi penurunan berat badan, selain juga berkhasiat sebagai antioksidan. Sama seperti semua suplemen lainnya, agar biji kopi hijau menjadi efektif, suplemen ekstrak biji kopi harus murni, organik, 100% berkualitas-tinggi yang diproduksi di Amerika dan mendapatkan sertifikasi uji laboratorium untuk potensi dan kualitas produknya. Untuk suplemen kopi hijau yang telah mendapatkan ulasan terbaik dari perusahaan ternama dan terpercaya, saya merekomendasikan Exitox Green Coffee. Saya tidak akan mengatakan kepada Anda bahwa ini adalah formula penurun berat badan yang ajaib, namun bila dikombinasikan dengan diet, istirahat dan olahraga, suplemen ini dapat membantu mengendalikan napsu makan dan memacu metabolisme Anda sehingga mampu mencapai hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *